Rabu, 19 Desember 2018

Pengalaman BA COHO (Keramas Pakai Air Remasan Parutan Kelapa aka Santan)

Sebelumnya aku mau menjelaskan kenapa sampai aku melakukan hal ini, sebenarnya hal ini sering dilakukan orang-orang didaerahku pas aku masih kecil, tapi seiring aku beranjak dewasa... Kegiatan Ba Coho pun semakin jarang dilakukan :(.
Dan kebetulan hari ini aku menyaksikan Channe Trans 7, Jejak Petualang. Mereka pergi ke Sulawesi Utara/Manado, dan nge shoot salah satu kegiatan gadis-gadis di salah satu desa yang ada di sana. Mereka menganggap kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan untuk mempercantik diri mereka, dan kegiatan ini dinamakan dengan Ba coho. Yeah, walaupun bukan untuk mempercantik diri mereka seutuhnya, melainkan mempercantik salah satu bagian dari tubuh, yaitu rambut.
Dari sini aku menyaksikan secara live kegiatan mereka saat mencoho kan rambut dengan santan kelapa yang dicampur dengan berbagai macam daun-daunan, dan aku lupa daun-daunnya apa wkwkwk.. Mungkin mayana, akar wangi, dan perasan lemon, dan aku lupa apa daun yang lain :(.. Pas aku menyaksikan mereka memetik daun-daunan di hutan, aku terkesima dengan keindahan, kesilkian/kilauan rambu-rambut gadis di desa tersebut. Maka dari itu, aku ingin mencoba pencoho an ini dengan bahan seadanya hehe.. Karna pada dasarnya kalo kita pengen nge coho, santan kelapa aja udah cukup kok..

Dan ini pertama kalinya aku Ba Coho setelah, 1 dekade lamanya tidak melakukan ritual pencho-an ini.. :))
Oke.. Inilah step- by step aku melakukan Ba Coho.
Pertama aku keramas biasa dulu pake sampo, trus aku lanjut dengan pencoho-an..
seperti biasa sebelum mandi aku sudah memarut kelapa terlebih dahulu dan memeras 1/4 lemon kedalam ember yang sudah berisi parutan kelapa.
setelah aku selesai nge sampo, selanjutnya aku mencamput parutan kelapa ini dengan sedikit air, sehingga aku bisa mencampurkan parutan kelapa dengan air tersebut. Lalu aku mengambil parutan kelapa yang sudah dicampur air dan kemudian di remas di atas kepalaku. Dan mengucurlah kuah santan kelapa ke kepalaku... Huhuhuy, dingin sensasinya..

Setelah keramas, dan rambutku mulai kering, aku merasakan sensasi yang berbeda dari rambutku.. Rambutku ini tipe yang kering, kusut, dan ngembang banget. Eh pas selesai melakukan ritual Ba coho, rambutku jadi lebih gak ngembang, lembut, dan berkilau... Heiiii~~ Hei~~ Sebuah keajaiban yang nyata akibat seliter santan kelapa wkwkwk..

Aneh ya , ko bisa kayak gitu??

Jadi menurut Tokomesinkelapa , santan tuh mengandung minyak dan nutrisi yang berfungsi untuk melembabkan dan memperbaiki rambut yang rusak.. Oh pantesan rambutku yang kusut, kayak habis rusak akibat dipirangin jadi mendandak kalem gitu -_-. Nah selain untuk melembabkan rambut ternyata santan kelapa punya ratusan faedah wkwk lebay.. Santan kelapa juga berfungsi untuk memperbaiki rambut yang rusak, berketombe, bercabang, kering, rapuh, gak berkilau, bahkan Kebotakan :o. Ciyuzz.

Jadi guys, pengen cobain keramas pake santan kelapa gak?
Banyak faedahnya loh.. Jika kalian sudah pernah mencoba keramas pake santan kelapa,, Yuk Share pengalaman kalian dibawah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your word show How you Art!