Minggu, 24 Mei 2020

Oh Tidakkkkk! Ternyata Aku Passive-Aggresive!

    Jadi hal ini bermula dari pas aku ngecek Natal chartku, yang Neptune-nya square sama Mars. Nah trus kucari, ini nih apee maksudnya. Trus pas ku baca-baca, tertujulah kepada satu kata yang gak asing, tapi gak ku pahami.. Yak, itu adalah passive-aggresive, hmmm aku sempat menyangkal dalam hati, kok aku passive-aggresive sih.. gimana aku nyangkal coba kalo gak tau ini tuh apaan :v

    Nah dari sinilah, ku cari tuh ye, apaa cobaa.. dan eng ing eng. Ternyata aku orangnya agak pasif agresif. Sukurlah udah sadar semenjak liat ini, emang asik yah bahasa inggris tuh. Semua sifat dan sikap yang gak disadarin manusia ada kata-kata buat itu. 

Jadi apa sebenarnya pasif agresif itu? Nah menurutku, itu tuh sikap ato kelakuan yang berusaha untuk melarikan diri dari sesuatu (pasif) , agar supaya kondisi yang ada di luar berubah atas perilaku kepasifan kita. Contoh simple nya nih, kalo cewek ngambek trus gak dibilang alesan ngambek karena apa sama cowoknya. Tapi nunjukin marah, cuek ke cowonya agar cowonya itu ngerti apa maunya.. gitu. 

` Katanya sih, sikap pasif agresif ini banyakan tuh dilakukan untuk menunjukkan rasa tidak suka ato marah sama seseorang sih. Kebanyakan orang yang kek gini kalo marah mereka akan cenderung tenang, gak marah walaupun sebenernya mereka lagi sakit hati. Mereka berusaha menjauh untuk mengkomunikasikan apa yang mereka rasa, dan gak mendiskusikan masalah yang mereka hadapi.
Ada beberapa penyebab terjadinya sikap pasif agresif ini :
- Pola asuh dari lahir. 
Anak  dalam lingkungan yang gk dibolehin untuk mengekspresiin emosi yang dirasakan. Jadi banyak orang yg diasuh kek gini memendam amarah ato melampiaskan amarahnya ke hal-hal yang lain, daripada menghadapi amarah tersebut.
- Situasi sosial
Jika kita ditempatkan di kondisi sosial (seperti dalam keluarga ato ling. Kerja)  dimana kita gak boleh menampakkan sikap aggresif. Kita bisa jadi dapat menutupi rasa marah kita sama orang.
- Cara paling mudah
Cara paling mudah buat apa? Karena buat jadi assertiv dan bisa selalu mengekspresikan emosi itu tidak selalu mudaaaah cui. Kadang kita malu dan takut buat ngungkapin apa yang kita rasakan, jadi yah lebih baik kita diam sambil kodein kalo kita lagi nyimpan marah wkwkwk.

Nah ini aku ada beberapa cara untuk mengenali kalo misalnya kalian punya tendensi buat pasif agresif ato enggaaa...
- Apakah kamu selalu merajuk ketika tidak senang sama seseorang?
- Apakah kamu selalu menghindari orang tersebut ketika kecewa?
- Apakah kamu pernah berhenti bicara sama orang pas lagi marah sama mereka?
- Apa kamu tidak ngerjain apa yang harus kamu kerjain pas lagi marah sama orang, hanya supaya mereka nyadar kamu lagi marah? :v
- Apa kamu suka berkata-kata judes ato sarkas untuk menolak percakapan yang berarti ato demi mengatasi permasalahan yang ada?

Wowww, ternyata dari apa yang ada di atas aku BUAT semuanya awkkawk!!!
Okeh, karna udah tau tanda-tandanya sekarang gimana cara ngatasin sikap pasif agresif ini sih, karena kalo gak diatasi ini bisa mengganggu ato merusak sebuah hubungan, apalagi hubungan nuhenahinu uwu ewe.
- Tingkatkan kesadaran kamu
Sadar kalo kamu lagi merajuk, sadar kalo lagi marah trus ngehindar, sadar kalo lagi kecewa trus bilang terserah. Yang pertama harus sadar dulu kalo kamu sedang melakukan sikap ini!
- Berikan waktu buat berubah
Setelah mengenali kalo kita punya ini, saatnya lakukan perubahan.. yakni kita lebih dahulu ngenalin apasih pola-pola yang biasa kita lakuin pas lagi p-a? Apa ngejauh, cuek, lampiasin ke hal lain, or ngapain? Nah ini kita harus kenalin, dan kita harus rubah perlahan-lahan... rubah dengan cara kek gimana?
- Praktek mengekspresikan diri
Mengerti sama emosi yang kamu rasain dan mengekspresikannya itu sangat penting banget buat mengakhiri sikap p-a ini.. jika kita membicarakan apa yang kita rasain, pasti semuanya akan lebih clear dan ada solusinyaa.

Yah, walaupun aku akui buat jujur sama perasaan sendiri itu susah banget.. buat aku sendiri kenapa susah buat jujur?
- Takut orangnya bakal gak suka sama kita setelah kita ngutarain apa yang kita rasain
- Gak enakan sama orangnya nanti
- Takut nanti dianya tahu kita tuh ngerasa kea gini –emot sedih- 
- Takut nanti bakalan ada penolakan abis ngutarain perasaan kita
- Takut dibilang judgemental ato apalah...

Nah lohhh, ribet amat kan yak,, tapi dari beberapa pelajaran yang ku ambil dari seseorang, kita tuh gapapa buat ngungkapin sesuatu asal kita udah responsible buat apa yang nanti bakal di lakuin oleh orang itu abis dengerin perasaan kita.. nah ini nih yang bikin nyeseeek. Awkawkkaw.
Tapi bener juga yah, segala aksi pasti ada reaksinya...

Kalo misalnya cuman kita doang yang mendem,, kitanya yang siksa setengah mati dalam dada..
Kalo diutarain juga, mungkin ada penolakan dari pihak ke dua karena dirasain kek gitu.
Tapi nih, daripada mendem mulu, lebih baik dikomunikasikan deh.. biar semua lebih jelas.. walaupun endingnya gak selalu baik. Tapi kan kita udah move on, dan gak stuck dengan feeling angry.. 
Yaken yaken...

Okeh , udah, in the end the choice is all yours~~
See you in the next post.
xoxo

Rabu, 19 Desember 2018

Pengalaman BA COHO (Keramas Pakai Air Remasan Parutan Kelapa aka Santan)

Sebelumnya aku mau menjelaskan kenapa sampai aku melakukan hal ini, sebenarnya hal ini sering dilakukan orang-orang didaerahku pas aku masih kecil, tapi seiring aku beranjak dewasa... Kegiatan Ba Coho pun semakin jarang dilakukan :(.
Dan kebetulan hari ini aku menyaksikan Channe Trans 7, Jejak Petualang. Mereka pergi ke Sulawesi Utara/Manado, dan nge shoot salah satu kegiatan gadis-gadis di salah satu desa yang ada di sana. Mereka menganggap kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan untuk mempercantik diri mereka, dan kegiatan ini dinamakan dengan Ba coho. Yeah, walaupun bukan untuk mempercantik diri mereka seutuhnya, melainkan mempercantik salah satu bagian dari tubuh, yaitu rambut.
Dari sini aku menyaksikan secara live kegiatan mereka saat mencoho kan rambut dengan santan kelapa yang dicampur dengan berbagai macam daun-daunan, dan aku lupa daun-daunnya apa wkwkwk.. Mungkin mayana, akar wangi, dan perasan lemon, dan aku lupa apa daun yang lain :(.. Pas aku menyaksikan mereka memetik daun-daunan di hutan, aku terkesima dengan keindahan, kesilkian/kilauan rambu-rambut gadis di desa tersebut. Maka dari itu, aku ingin mencoba pencoho an ini dengan bahan seadanya hehe.. Karna pada dasarnya kalo kita pengen nge coho, santan kelapa aja udah cukup kok..

Dan ini pertama kalinya aku Ba Coho setelah, 1 dekade lamanya tidak melakukan ritual pencho-an ini.. :))
Oke.. Inilah step- by step aku melakukan Ba Coho.
Pertama aku keramas biasa dulu pake sampo, trus aku lanjut dengan pencoho-an..
seperti biasa sebelum mandi aku sudah memarut kelapa terlebih dahulu dan memeras 1/4 lemon kedalam ember yang sudah berisi parutan kelapa.
setelah aku selesai nge sampo, selanjutnya aku mencamput parutan kelapa ini dengan sedikit air, sehingga aku bisa mencampurkan parutan kelapa dengan air tersebut. Lalu aku mengambil parutan kelapa yang sudah dicampur air dan kemudian di remas di atas kepalaku. Dan mengucurlah kuah santan kelapa ke kepalaku... Huhuhuy, dingin sensasinya..

Setelah keramas, dan rambutku mulai kering, aku merasakan sensasi yang berbeda dari rambutku.. Rambutku ini tipe yang kering, kusut, dan ngembang banget. Eh pas selesai melakukan ritual Ba coho, rambutku jadi lebih gak ngembang, lembut, dan berkilau... Heiiii~~ Hei~~ Sebuah keajaiban yang nyata akibat seliter santan kelapa wkwkwk..

Aneh ya , ko bisa kayak gitu??

Jadi menurut Tokomesinkelapa , santan tuh mengandung minyak dan nutrisi yang berfungsi untuk melembabkan dan memperbaiki rambut yang rusak.. Oh pantesan rambutku yang kusut, kayak habis rusak akibat dipirangin jadi mendandak kalem gitu -_-. Nah selain untuk melembabkan rambut ternyata santan kelapa punya ratusan faedah wkwk lebay.. Santan kelapa juga berfungsi untuk memperbaiki rambut yang rusak, berketombe, bercabang, kering, rapuh, gak berkilau, bahkan Kebotakan :o. Ciyuzz.

Jadi guys, pengen cobain keramas pake santan kelapa gak?
Banyak faedahnya loh.. Jika kalian sudah pernah mencoba keramas pake santan kelapa,, Yuk Share pengalaman kalian dibawah :)

Selasa, 07 Agustus 2018

Acak - Puisi dan Maknanya

Yang lalu masih tersusun indah
Sekarang terasa tiada sempurna
Seperti puzzle yang berantakan
Tak tau mengapa terasa acak

Bertanya siapa yang berbuat
Jawaban "Aku" yang tidak pernah tenggelam
Mungkin ini memang kutukan
Tapi ini ada baik-buruknya

Menyesal atau tidak.
Semua tergantung persepsinya.
Rasa bersalah takkan pernah sirna.
Mengingat putusan tanpa akal.

Menyusun serpihan teka-teki.
Hingga menjadi ego yang dulu.
Keraguan kadang menghampiri
Bukankah tak apa  menjadi acak?


Karya : Sity Juniartika Ishak

Makna :
kita mencoba mencari cara untuk mengubah diri kita menjadi lebih baik, tapi kadang hal baik tak selalu menjadi hasil akhir dari perubahan. jika hasil dari perubahan adalah hal yang buruk dan tidak baik, maka seseorang pasti akan berusaha untuk kembali kedirinya yang dulu dan menyesal. namun, yang kita tidak pernah sadari adalah kita tidak pernah tau apakah hal buruk itu sebenarnya adalah hal yang baik dan membuat kita lebih mempelajari dengan diri kita atau memang benar hal yang akan membawa keburukan kepada kita? kita tidak pernah tau sebelum hal itu datang kepada kita. walaupun kita menyikapi perubahan dalam konsep baik buruk. percayalah semua akan baik - baik saja.