Senin, 27 Desember 2021

Lesson Learned & Curhat - Sebuah Panduan untuk Yanagi kalau Nge-Bolang

 haloo semuaaa..

selamat pagi, siang, atau malam..
aku harap kalian sehat dan baik-baik aja yah..
dikesempatan ini yang baru aja terjadi sangat nge drive aku buat nulis...

jadi udah kurang lebih aku 5 hari di kota manado. aku gak pernah datang ke kota ini sebelumnya, aku dateng bareng teman-teman buat praktek disini selama dua minggu... dan gak tahu kenapa ada feeling afraid and safe dengan kota ini. feeling scarednya kenapa? karena aku takut dijahatin di kota ini kalau jalan sendirian, kayak beda aja.. meskipun sama daerahku kurang lebih sama sih suasananya.. mungkin karena aku belum menjelajah atau baru pertama kali datang kesini.. kalo untuk feeling safe nya karena aku rasa sisi lemah dan inner demon ku agak keteken dan ketutup disini, yang bikin aku jadi lebih grounded.

nah aku mau ceritain pengalaman aku pergi sendirian!!! yakk.. sendirian!!! di kota yang baru aku datengin.. meskipun ada feeling afraid di dada , aku tetep maksa buat jalan, dan ada sedikit suara didalam hati yang bilang kalau everythings gonna be okay. dimulai dari jalan keluar kos dari lantai tiga. trus ke pertigaan jalan apotik. aku lalu nyari mobil angkot depan apotik, dan sempet naik mobil angkutan yang salah. ckckck. karena di kota manado ini tiap mobil angkutan tuh punya alur masing-masing, dan kita gak bisa asal naik aja. jadi kita harus liat tagar di mobilnya kalo angkut mau ke mana. akhirnya setelah satu kali salah dan dua kali gagal, aku mutusin buat nanya orang lokal biar ada pencerahan. aku tanya ke kakak yang jagain es boba. dan di jelasin dah tu gimana cara ke toko yang pengen aku tuju. jadi aku mau ke toko bintang, dimana di toko ini katanya sell all stuffs about phone mau itu case, headset, dll ada disini lengkap,. trus aku di panggilin mobil angkut sama kakak itu.. kakaknya friendly dan baikk.. trus dengan perasaan takut dan was was aku naik dan langsung aja aku nyalain hape dan buka maps. Sujud sukur udah ada maps di masa sekarang, jadi rasa khawatirku ilang dikit.. meskipun teteeeep masih takott aslii.. setelah itu aku diberentiin di depan kawasan pertokoan dan aku harus jalan kaki buat ke toko bintang.

pas aku mau masuk,,, ehhhhhh harus dibuka hoodie ku dong. dan aku gak pake kaos panjang lagi. ckkck. untuk masuk ke toko bintang, kita harus ninggalin dan nitip hoodie or jeket, topi, tas, dan hanya boleh masuk bawa hape dan dompet. alhasil aku gak jadi kedalam dan pulang ke kos lagi. mau jalan jalan tapi udah hopeless karena tujuan utamaku gak kesampean. nahh ini pas aku mau pulang, ketakutan melanda lagiii... bingung mau naik angkut yang mana, dan entah mau diturunin dimanaaa.. kalau aku kesasar kan nanti dosen sama temen yang lain pada nyariin dan khawatir kan, apalagi bakal ada blaming. and i really hate to be blamed.

tapi untung aja ya, untung gk untung aku orangnya nekatan, langsung panggil angkot dengan modal langsung liat tagar buat nge stop angkut ke kampus unsrat ahirnya aku dapet angkot buat pulang.. sebelum pulang aku sempet kasih tau temenku di kosan kalau aku gak jadi masuk ke toko bintang karena gak bisa masuk, eh dianya malah gak khawatir samaaaa sekali coba, aku nge bolang sendirian dan malah nitip buat dibeliin coca cola dingin -.- omg hahaha, setelah aku pulang naik angkutan itu, lagi-lagi aku nyalain maps karena khawatir, karena ini jalannya satu arah dan ini kota pertama yang aku datengin... kira-kira bisa 20 menitan lah aku di dalam angkut sampai aku diturunin di area dekat kosan... dengan menghela napas,, heufff.. akhirnya pulang juga.. dan langsung nampar diri sendiri dengan bilang "jangan lagi-lagi keluar sendirian di tempat yang gak ditauuuu, apalagi kalau jalannya satu arah gini", aku langsung ke kakak penjual es boba, dan beli es boba nya dia sambil curhat kalo aku nya gak jadi ke toko bintang sad sad..... tapi ke esokannya aku ke toko bintang kokkk, dan beli beberapa case dan sepertia byazaaaahh aku suka benda elektronik unyu kecil dan berghunaa wkwkw.. habis uangku banyakan di toko bintang xDD.. tapi aku besoknya pergi bareng temen-temen lain naik angkut, jadi gak ada rasa takut... sambil pasang muka proud dan bangga kalau kemarin aku pernah nge bolang di tempat ini sendirian hahah...

wkwkw banyak amat curhat nyaaa hampon, mau sekedar keep in track dengan pengalaman aku aja, ini aku tulis jujur sehabis aku pulang dari toko bintang dan ada niat buat bikin sebuah guide buat diriku nanti kalau nanti aku keluar daerah lagi atau mungkin ke luar negeri (?).. Aaamiiin..

Jadi buat aku dimasa depan, dan mungkin buat seseorang diluar sana yang butuh guide sebelum keluar ke tempat yang gak pernah di datengin sendiri, ada hal yang ingin aku sampaikan..

1. usahakan jangan keluar sendirian, panggil temen... kalau misalnya kamu dalam grup, lebih baik kamu panggil anggota dalam grup tersebut, untuk jaga-jaga kalau misalnya hanya kamu sendiri yang keluar bisa terjadi blaming dalam anggota grup, dan kalau mental gak kuat bisa-bisa membekas sampai kedarah daging wkwkwkw.
2..bawa tas lumayan gede buat di isi charge, power bank. usahain hape pas keluar dibawa udah ke charge sampai 100%.
3. jangan lupa minta izin sama temen kalau kamu mau keluar, dan kasi tau rute dan tempat kemana aja kamu mau keluar.
4. di dalam kenderaan atau angkut, usahain cara angkut yang ramai. pas didalam angkut jangan lupa idupun maps dan tujuan lokasi yang ingin dituju.
5. ketahui rute untuk ke tempat tersebut, kalau gak tau setidaknya tau kalo jalannya satu arah atau dua arah.
6. kalau kamu merasa 70% takut buat keluar sendiri dan takut kesasar, mending gausah keluar, atau panggil temen.
7. kalau misalnya emang nekat dan pengen pergi, dan gak masalah buat paymore bisa naik ojol daripada naik angkut :>. lebih safe kayaknya...

okehh,, sedikit banget guidenya, mungkin bakal bertambah kalau ada insight lagi... itu dulu tulisanku kali ini, see you next time in my next journey!
XOXO

*first 3 pharagraphs written when i was in manado, the rest written in my on city*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your word show How you Art!